Kamis, 12 September 2013

PIDATO NASIONALISME



Assalamualaikum Wr.Wb .

            Pertama-tama marilah kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita kesehatan , sehingga saya bisa berdiri disini untuk menceritakan pengalaman saya tentang pencerminan nilai pancasila .
 Pancasila merupakan pedoman hidup bagi bangsa indonesia , dan jika kita tidak berpedoman pada pancasila gaya hidup kita dan kegiatan – kegiatan kita bisa berbeda dengan yang ada di Pancasila .
            Di sila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa .
Pengalaman saya adalah saya menghormati semua orang yang saya kenal . walaupun ada yang berbeda agama dengan saya . saya tetap menghormati dan menghargai agama nya . Meskipun ada salah satu teman saya yang sama agama dengan saya tetapi tidak melaksanakan perintah agama , saya menasehatinya dengan baik – baik . Tetapi saya tidak memaksa orang tersebut karena itu merupakan hak dan kewajiban orang itu sendiri .
            Berdasarkan sila kedua yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab .
Pengalamn saya adalah saya berteman tidak pernah memilih – memilih teman , semua orang adalah teman saya , tidak peduli orang tersebut berbeda dengan saya . Dan walaupun teman saya salah , saya tidak akan membelanya saya akan membela yang benar dan akan menasehati orang yang salah tersebut , kegiatan apapun yang bermanfaat untuk saya , saya akan mengikutinya dengan baik dan ikhlas . saya akan menghormati siapapun yang ada di dekat saya , dan saya akan berusaha adil kepada siapapun . Dan jika ada yang membutuhkan bantuan saya , saya akan menolongnya dengan senang hati .
            Di sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia .
Pengalaman saya adalah saya akan menolong dan rela berkorban untuk kepentingan orang lain . Jika ada yang kesusahan saya akan membantunya seperti yang ada di butir – butir . butir Pancasila sila ketiga ayat pertama . Kalau ada teman saya yang sedang berantem saya akan berusaha mendamaikannya , walaupun saya harus susah payah membuat mereka seperti dulu lagi . Saya juga akan memajukan persatuan demi kesatuan bangsa . Saya akan melakukan atas dasar Bhineka Tunggal Ika .
            Dalam menentukan pendapat saya biasanya menggunakan musyawarah , karena dengan musyawarah saya bisa membandingkan pendapat saya dengan orang lain . dan saya juga bisa mempertanggung jawabkan pendapat saya . Di dalam musyawarah saya akan mengutamakan kepentingan bersama di bandingkan dengan kepentingan pribadi saya , saya akan menghargai pendapat orang lain . Saya tidak akan memaksakan pendapat orang lain . Dan jika musyawarah sudah terbentuk saya akan melaksanakan dan menjunjung tinggi setiap keputusan yang di capai dari hasil musyawarah tersebut . ( Sila Ketiga )
            Yang terakhir di sila kelima pengalaman saya adalah . Saya akan menghormati hak orang laiinn dan saya berusaha bersikap adil kepada siapapun demi kebersamaan . Jika ada salah satu teman saya yang meminta bantuan kepada saya , saya akan membantunya dengan senang hati bukan malah meninggalkannya . Saya selalu menghargai karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama , Saya tidak akan menggunakan hak milik saya yang bertentangan atau merugikan kepentingan umum tapi sebaliknya saya akan bekerja keras demi kebersamaan kita semua .
            Yang kedua saya akan menceritakan pengalaman saya yang mencerminkan nilai pembukaan UUD 1945 .
Saya akan membela siapapun yang benar , walaupun sendiri . Jika ada yang sedang berbeda pendapat saya akan berusaha mendamaikannya . Saya akan berusaha mengatasi salah paham seseorang tersebut . Saya berusaha adil kepada siapapun , meskipun ada yang tidak suka dengan pendapat saya dan menyimpulkan pendapatnya sendiri . Saya akan tetap adil dengannnya dan tidak akan membencinya . Meskipun ada salah satu teman saya yang seenaknya sendiri . egois dan hanya memikirkan dirinya sendiri saya tetap mau berteman dengannya demi menjaga persatuan antara saya dan orang tersebut . Saya akan menjaga ketertiban mulai dari lingkungan sekitar kita . Jika ada masalah saya akan mengusulkan dengan cara musyawarah karena saya harus adil dengan semua orang , dan tidak memaksakan hak dan kewajiban orang lain . Jika ada perselisihan didalam musyawarah tersebut saya akan berusaha mendamaikan dan menyelesaikan salah paham di antara orang tersebut agar kebersamaan kembali dan ada persatuan di antara kita kembali . Keadilan pun akan membela orang yang tepat , dan semoga keadilan suatu menang dalam hal apapun .
            Sekian cerita dari saya , jika ada kesalahan dalam ucapan , atau tulisan saya meminta maaf yang sebesar – besarnya . Semoga dalam cerita saya bisa di ambil hal – hal kebaikannya .
Terima Kasih sudah mendengarkan cerita saya . Sekian dari saya .
Wassalamualaikum Wr . Wb .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar