Senin, 16 September 2013

Pengamalan saya terhadap Pancasila dan UUD 1945



Assalamualaikum Wr.Wb
Disini saya akan menceritakan pengamalan saya terhadap isi Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Sila 1 ( Ketuhanan Yang Maha Esa )
Saya mempunyai 7 orang sahabat 2 diantaranya beragama non islam. Walaupun saya dan mereka berdua itu berbeda agama tetapi saya tetap nenghormati agama yang dianutnya dulu sewaktu saya kelas 8 SMP apabila saya sedang sholat di Mushola dia menunggu saya di depan mushola dan tidak mengganggu saya. Begitupun sebaliknya apabila dia sedang beribadah saya juga tidak mengganggunya. Walaupun saya dengan sahabat saya yang berbeda agama tetapi saya tetap bisa bersahabat dengannya hingga sekarang meskipun berbeda sekolah.
Saya berusaha untuk bisa bergaul dengan siapa saja. Tidak memandang siapa dia asalkan saya bisa senang dan tentram. Entah di lingkungan masyarakat atau di lingkungan sekolah saya berusaha untuk mudah bergaul meskipun dengan orang yang baru saya kenal.
Sila ke 2 ( kemanusiaan yang adil dan beradab )
Dulu sewaktu saya SMP tetangga saya sering kerumah saya untuk meminta bantuan mengerjakan PR karena dia merasa kesulitan untuk mengerjakannya maka dia meminta bantuan saya. Biasanya saya membantunya setiap sore hari tapi terkadang dia mengerjakan sendiri.
Dilingkungan desa saya ada kegiatan karang taruna pertemuannya setiap sebulan sekali. Saya sering ikut pertemuan itu walaupun pulangnya selalu larut malam tetapi saya senang bisa berkumpul dengan remaja-remaja lainnya dalam menyelesaikan sebuah masalah.
Sila ke 3 ( Persatuan Indonesia )
Setiap seminggu sekali saya melaksanakan upacara bendera di sekolah untuk menghormati para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan. Tidak hanya senin saja tetapi juga hari-hari peringatan Nasional Republik Indonesia,
Saya akan terus berusaha untuk memajukan bangsa Indonesia agar kwalitas bangsa Indonesia tidak tertinggal jauh dengan Negara- Negara lain. Dengan cara mendapat pendidikan dan belajar demi kesatuan bangsa Indonesia. Saya juga berusaha untuk bisa bekerja sama dengan sesama teman.
Sila ke 4 ( Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan )
Saya berusaha untuk selalu menghormati pendapat orang lain dalam suatu permusyawarahan. Entah itu di lingkungan masyarakat ataupun lingkungan sekolah. Saya juga berusaha untuk menerima masukan-masukan teman saya dalam menentukan sebuah permusyawarahan yang sedang di hadapi bersama.
Saya selalu bersikap sabar dalam menyelesaikan masalah dengan tenang dalam sebuah permusyawarahan yang sedang memanas. Dalam permusyawarahan saya bersikap tenang dan mengambil keputusan yang telah disepakati bersama.
Sila ke 5 ( keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia )
Saya ingin masa depan saya cerah maka dari itu, saya berusaha keras untuk menuntut ilmu. Mencari ilmu dengan kerja keras entah di sekolah atau di lingkungan luar sekolah, karena ilmu tidak hanya berasal dari sekolah saja.
Saya ingin selalu membantu orang yang sedang membutuhkan bantuan. Untuk itu, saya berusaha menyisihkan uang saku saya untuk bersedekah dan membantu orang-orang yang sedang membutuhkan. Walaupun uang yang saya berikan tidak banyak tetapi saya berharap pemberian dari saya dapat bermanfaat.
Pengamalan saya terhadap UUD 1945
Alenia 1
Di hidup saya, saya berhak dan wajib mendapat pendidikan yang layak. Saya berhak memberi masukan atas hal yang menyangkut saya. Saya juga bertanggung jawab atas apa yang saya lakukan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.
Alenia 2
Ketika saya menemui sebuah masalah dalam suatu hal yang sedang saya kerjakan, saya berusaha untuk menuntaskan masalah irtu dan juga menyelesaikan masalah dengan penuh tanggung jawab. Setiap masalah itu pasti ada jalan keluarnya, maka saya harus berusaha untuk meyelesaikannya.
Alenia 3
Dalam hidup saya, saya percaya bahwa Allah SWT itu ada dan Allah Maha melihat apa yang sedang saya kerjakan. Maka dari itu saya selalu bersyukur atas apa yang telah di berikan oleh Allah SWT kepada saya. Walaupun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan.
Alenia 4
Saya akan berusaha keras untuk memajukan Indonesia. Dengan cara apapun untuk membuat Indonesia lebih baik lagi di banding yang lalu. Contohnya dengan belajar dan menuntut ilmu setinggi-tingginya  dengan tekun dan bekerja keras supaya bisa membangun negara ini bisa lebih maju.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar